Buru Zat Besi dari Makanan-Makanan Ini

Brokoli (Foto: pondokibu)
Brokoli (Foto: pondokibu)

MADURATIMES, JAKARTA – Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terutama untuk memproduksi hemoglobin dalam darah, peningkatan fungsi otot, dan pembawa oksigen ke otak. Begitu besarnya fungsi zat besi ini, tubuh tentu sangat membutuhkannya dalam jumlah cukup.

Dilansir Fitness Magazine, untuk memperoleh zat besi, sumber dari hewani yang paling banyak mengandung zat besi adalah daging merah. Sayangnya, banyak masyarakat yang kurang suka daging.

Apa penggantinya? Para ahli gizi mendatat selain dari sumber hewani, zat besi bisa diambil dari sumber nabati. Berikut sumber-sumber zat besi dari sumber nabati yang bisa diambil.

Sayur Bayam

Jenis sayuran berdaun hijau itu sangat kaya akan zat besi. Bahkan jika ditambah dengan minyak zaitun, seikat bayam yang ditumis kadar zat besinya meningkat enam kali lipat.

Gandum Utuh

Gandum mengandung banyak zat besi. Gandum makin meningkat kadar zat besinya jika dimakan bersama kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Edamame

Edamame adalah jenis kedelai asal Negeri Sakura Jepang. Edamame sangat sehat dan bergizi jika dikonsumsi. Dalam secangkir edmame sangat tinggi kandungan protein yang memberi 40 persen kebutuhan zat besi.

Tahu

Jangan sepelekan tahu. Makanan khas kampung ini tidak hanya kaya protein, tapi juga sumber zat besi yang baik. "Pada 100 gram tahu mengandung 6,4 mg zat besi, 36 persen kebutuhan harian Anda," kata Kara Lydon, RD, LDN, RYT, penulis kesehatan ternama Inggris. 

Brokoli
Sayuran hijau brokoli kaya zat besi. Sepiring brokoli mampu memberikan vitamin dan mineral. Satu mangkuk brokoli masak mengandung 1 mg zat besi, vitamin C dan serat. (*)

Pewarta : Deasy Mayasari
Editor : Fathul Yasin
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Indonesia
Redaksi: redaksi[at]maduratimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]maduratimes.com | marketing[at]maduratimes.com
Top