Lewat Program Home Care, Bupati Rendra Kresna Manjakan Masyarakat yang Sakit

Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MADURATIMES, MALANG – Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna kian getol menggencarkan program Home Care untuk merubah paradigma masyarakat menuju pola hidup sehat.

Hal itu ditegaskan Rendra Kresna usai disambangi Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Ruang Peringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim No.7, Malang, Selasa (3/10/2017) sore.

Pria nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Malang ini menjelaskan dalam program pembangunan di bidang kesehatan itu, dirinya tidak berbicara bagaimana mengobati orang sakit, akan tetapi dia berorientasi kepada paradigma sehat.

"Contohnya melalui program kesehatan Home Care ini merupakan program andalan untuk mengetahui kondisi dan tingkat kesehatan masyarakat di Kabupaten Malang," kata Rendra Kresna kepada MalangTIMES.

Pria berkacamata ini menerangkan program Home Care ini akan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sakit. Dimana setelah orang itu sakit maka yang bersangkutan akan mendapat pendampingan secara berkelanjutan dari tim kesehatan seperti bidan, perawat bahkan dari petugas puskesmas.

"Orang yang sakit itu akan terus dipantau tim kesehatan, bagaimana kondisi lingkungan kesehatan di rumahnya. Apakah rumahnya sehat atau tidak. Kalau lingkungannya tidak sehat, maka rumahnya dulu disehatkan," terang suami Jajuk Rendra Kresna tersebut.

Lanjut Rendra bila rumah tersebut tidak disehatkan, secara otomatis orang tersebut akan kembali sakit  lagi. "Kalau orang itu sakit maka perlu pengobatan kesehatan lagi. Solusinya program Home Care ini dampak dan manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kesehatan masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat yang benar," ucapnya.

Rendra mencontohkan keberhasilan program Home Care yang sudah diterapkan di wilayah Puskesmas Turen, bahwa ada tren biaya untuk pengobatan orang sakit itu menurun.

"Program Home Care ini sudah cukup berhasil, inilah yang kita harapkan bersama dalam mewujudkan kabupaten sehat," pungkas Rendra.

Pewarta : imam syafii
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]maduratimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]maduratimes.com | marketing[at]maduratimes.com
Top