Diblokir Kominfo, Aplikasi Tik Tok Masih Bisa Dibuka?

Meski diblokir, aplikasi Tik Tok masih dapat diakses pada Rabu (4/7/2018) (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Meski diblokir, aplikasi Tik Tok masih dapat diakses pada Rabu (4/7/2018) (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MADURATIMES, MALANG – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memblokir aplikasi berbagi video Tik Tok sejak Selasa (3/7/2018).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara seperti dilansir dari CNN Indonesia membenarkan pemblokiran tersebut. "Iya Tik Tok sudah diblokir sejak Selasa siang," kata dia.

Ada delapan Domain Name System (DNS) Tik Tok yang diblokir. Domain Name System atau Sistem Nama Domain adalah database yang menyimpan semua nama domain dan angka IP terkait untuk domain tingkat atas (TLD) seperti .com atau .net. Sistem ini dapat mengidentifikasi sekaligus mencari sistem komputer atau sumber daya di internet. 

Menurut Rudiantara pemblokiran akan terus dilakukan hingga aplikasi dari China itu membersihkan konten-konten negatif.

Tik Tok, menurut Kominfo, melakukan pelanggaran antara lain adanya konten pornografi, asusila, dan pelecehan agama. "Nanti akan kita aktifkan kembali kalau itu sudah bersih," kata dia seperti dilansir dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Samuel Abrijani Pengerapan juga menjelaskan terkait pemblokiran Tik Tok.

"Sebagai media sosial yang user generated. Tik Tok seharusnya punya mekanisme bagaimana membuat standad konten dan bagaimana mencegah dan menyelesaikan apabila ada konten yang melanggar undang-undang negara kita," kata Samuel dikutip dari BBC Indonesia.

Meski diblokir, benarkah aplikasi Tik Tok tetap dapat dibuka? Dari pengamatan MalangTIMES aplikasi Tik Tok versi Android masih bisa diakses. Malah beberapa konten baru tetap dapat diunggah. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]maduratimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]maduratimes.com | marketing[at]maduratimes.com
Top