Awas! Kosmetik yang Diendorse Artis Terkenal Ini Ternyata Ilegal, Pelaku Dibekuk Polda Jatim

Polda Jatim saat merilis pelaku pengedaran kosmetik illegal
Polda Jatim saat merilis pelaku pengedaran kosmetik illegal

MADURATIMES, SURABAYA – Anggota Subdit IV/Tipiter, Ditreskrimsus, Polda Jatim  berhasil  menindak pelaku berinisial Kil, yang melakukan tindak pidana kesehatan. Yakni memproduksi kosmetik kecantikan merek DSC (Derma Skin Care)  Beauty berbagai jenis dan khasiatnya di rumahnya di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim Kombes A Yusep Gunawan mengatakan, bahan baku yang digunakan untuk produksi kosmetik  DSC Beauty adalah  dari produk- produk merek terkenal seperti Marcks Beauty Powder, Mustika Ratu, Sabun Papaya, Viva Lotion, Vasseline dan  Sriti.

Produk dari merek tersebut dipindah atau dikemas ulang dalam tempat kosong dengan label merek DSC Beauty yang tidak memiliki izin  edar dan tidak terdaftar di BPOM RI.

Untuk mempromosikan atau mengiklankan  kosmetik DSC Beauty agar konsumen lebih yakin  dan tertarik terhadap produk tersebut tersangka  menggunakan endorse dari artis- artis terkenal dengan inisial VV, NK, NR, DJ, dan KB. Dan artis artis terkenal lainnya kemudian diposting di Instagram.

Pasal yang dipersangkakan  adalah pasal 197 Jo Pasal 106 ayat (1) UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. Sedang kaulifikasi pasal, bahwa setiap orang yang sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang  tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (1) dipidana penjara 15 tahun dan denda  Rp 1,5 milyar.

 

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Surabaya TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]maduratimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]maduratimes.com | marketing[at]maduratimes.com
Top